ILALANG.com, BOGOR - Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengatakan, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta semua kader kompak sehingga Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum bisa bekerja lebih baik.

"SBY minta seluruh kader kompak sehingga ketua umumnya sekarang ini bisa menjalankan program-program partai dengan lebih baik," kata Amir ketika dihubungi wartawan setelah pelaksanaan Rakornas Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu malam.

Amir menjelaskan, pernyataan SBY tersebut disampaikan dalam pembekalan kepada sejumlah kader Partai Demokrat di lokasi Rakornas.

Pembekalan yang diselenggarakan sebelum penutupan Rakornas itu berlangsung secara tertutup atau tidak boleh diliput oleh media massa.

Menurut Amir, kekompakan kader dimaksud harus terjadi di semua lini.

Dia mengatakan, SBY ingin kader di daerah dan pusat memberikan dukungan.

Amir menjelaskan, pembekalan itu lebih banyak membahas program prorakyat dan konsolidasi partai.

Menurut dia, kasus mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin tidak menjadi topik utama.

"Nazaruddin tidak menjadi kasus dan fokus utama karena masih banyak yang lebih penting," katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Divisi Informasi dan Komunikasi Partai Demokrat Andi Nurpati.

Menurut dia, SBY meminta Anas untuk memimpin program konsolidasi partai.

"Secara eksplisit memerintahkan kepada Ketua Umum DPP untuk melakukan pemantapkan dan koslidasi partai sampai tingkat paling baik," kata Andi Nurpati ketika ditemui setelah Rakornas.

Andi menjelaskan, konsolidasi itu juga harus diimbangi dengan peningkatan kinerja semua kader partai, baik di pusat maupun daerah. (ANT)